Cara membuat Long Term Visit Pass (LTVP) Singapura step by step [Ind]


Sharing kali ini untuk membuat LTVP khusus yang pasangannya merupakan pelajar. Posting ini berdasarkan pengalaman sendiri bawa istri ke Singapura. Tanpa mengurangi keumuman, kalau istri bawa suami hampir sama.

  1. Pergi ke ICA ambil formulir, kalau mau efektif bisa langsung habis mendarat mampir ICA. Tinggal ambil jalur hijau, turun di Lavender MRT. Nanti keluar stasiun ambil kanan, trus keluar udah keliatan gedung ICA langsung aja ke lantai 4. Biaya : Free
  2. Datang langsung ke SSC kampus tempat belajar. Bawa : Formulir yang sudah diisi, foto 3×4 berwarna (background putih), Passport istri asli + Fotocopy, Kartu Imigrasi. Tinggal menunggu sampai surat rekomendasi dibuatkan. Jangan lupa kalau surat rekomendasi udah jadi, dicek apakah semua bagian sudah benar atau nda. Karena pengalaman harus balik ke SSC lagi karena kurang satu cap. Biaya : Free
  3. Pergi ke ICA, bawa : Surat rekomendasi dari kampus, Passport asli + fotocopy (istri dan saya), kartu imigrasi, foto berwarna, fotocopy surat nikah (bagian belakang juga), fotocopy student pass. Nanti menunggu bisa sampai 2 bulan, biaya perpanjangan 2 bulan : 60 SGD.
  4. Kalau sudah dapat kabar, nanti dihubungi oleh SSC. Kemungkinannya dua : disetujui atau tidak. Kalau tidak, ya coba ajukan ulang pakai step 1,2, dan 3. Kalau disetujui, nanti dapat surat persetujuan.Tahap terakhir tinggal ambil ke ICA dengan dokumen formalitas : Surat persetujuan, passport, kartu imigrasi, medical record (form sudah ada di belakang surat persetujuan), foto berwarna (background putih). Biaya : 90 SGD dengan rincian 30 dollar untuk visa dan 60 dollar untuk pemrosesan.

Gimana? Mudah bukan? Kali ini coba hitung-hitungan total biaya buat 4 tahun :

  • Tahun pertama :

Perpanjangan 2 bulan+LTVP+Medcheck = 60+90+60=210 SGD

  • Tahun kedua :

Perpanjangan LTVP= 90 SGD

  • Tahun ketiga :

Medcheck+Perpanjangan LTVP=60 +90 = 150 SGD

  • Tahun keempat :

Perpanjangan LTVP=90 SGD

Jadi total 4 tahun = 540 SGD

Sekian posting ini, semoga bermanfaat. Kalau ada pertanyaan, monggo comment di bawah.

9 thoughts on “Cara membuat Long Term Visit Pass (LTVP) Singapura step by step [Ind]

  1. Mas mau tanya dunk,

    Planning saya mau nikah di February 2020, trus cpf calon suami juga baru karena baru kerja permanent dengan penghasilan dibawah 2000SGD.
    Apakah susah untuk urus LTVP? lalu, apakah sambil nunggu approval LTVP saya bisa bekerja full time maupun part time di Singapore?

    Mohon pencerahannya ya.
    Terima kasih

    • Setau saya kalau kerja, harus pakai dependen pass. Syaratnya gaji minimal 5000 sgd. Baiknya kalau mau dua2nya tinggal di SG bisa sambil kerja saja, ngurus employment pass.
      CMIIW

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s